5 Tips Menyewa Bus Pariwisata Jakarta

Dewasa ini, sewa Hiace Jakarta menjadi salah satu referensi terbaik untuk pilihan kendaraan yang bisa digunakan masyarakat dari berbagai kalangan. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bus pariwisata semakin meningkat pula dari segi kualitas. Banyak bus yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup mewah, serta keamanan dan kenyamanan berkendara, sehingga bus pariwisata bisa dijadikan pilihan paling pas untuk mode transportasi banyak orang.

Umumnya, masyarakat memilih bus pariwisata untuk sebuah pengalaman yang mengharuskan mereka menempuh jarak yang cukup jauh, serta mengakomodasi penumpang dalam jumlah yang besar. Aspek efisiensi waktu dan biaya menjadi dua faktor utama yang mendorong semakin banyak masyarakat menggunakan bus pariwisata sebagai mode transportasi andalan mereka, terutama ketika kualitas bus pariwisata juga sudah meningkat seperti yang disebutkan sebelumnya.

5 Tips Menyewa Bus Pariwisata Jakarta

Selain alasan-alasan tadi, menempuh perjalanan dengan menggunakan bus pariwisata dinilai akan membantu pihak penyewa atau penyelenggara kegiatan lebih mudah dalam melakukan manajemen peserta selama perjalanan. Tapi sebelum merasakan semua kebaikan tersebut, terlebih dahulu pihak penyewa atau penyelenggara kegiatan itu harus memilih penyedia jasa sewa yang tepat. Jika tidak, pengalaman perjalanan pun tidak akan sebaik semestinya.

Berikut adalah 5 tips untuk memilih sewa Hiace Jakarta yang pas untuk kebutuhan Anda:

  1. Pemesanan

Tips pertama yang harus dilakukan berkaitan dengan pemesanan. Pemesanan atau reservasi untuk bus pariwisata yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi kantor agen bus terkait, atau melalui kontak yang dapat dihubungi sesuai dengan identitas agen, misalnya via telepon. Yang jelas, poin yang harus diperhatikan adalah komunikasi yang jelas untuk memastikan agenda perjalanan sesuai dengan rencana, mulai dari jadwal dan jenis bus yang diminta.

  1. Kapasitas

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, hal selanjutnya yang harus dilakukan berkaitan dengan kesesuaian peserta kegiatan dengan kapasitas bus yang hendak dipesan. Pastikan terlebih dahulu jumlah pasti peserta yang akan mengikuti perjalanan itu. Dari data yang telah terkumpul, pesan bus dengan kapasitas yang cukup atau lebih dari jumlah peserta untuk berjaga-jaga. Sebagai referensi, kapasitas bus bervariasi dari 20-an, 40-an hingga 50-an kursi.

  1. Fasilitas

Belum beranjak jauh dari aspek kesesuaian bus yang akan dipesan, cermati fasilitas yang ditawarkan dari penyedia jasa kepada pihak pemesan. Fasilitas bus tidak hanya meliputi apa yang diperoleh penumpang di dalam kendaraan, tetapi juga bahan bakar, tarif masuk tol dan tempat tujuan, biaya pengemudi, dan lain-lain. Sementara itu, untuk fasilitas yang diperoleh oleh penumpang langsung, biasanya lebih nyaman jika mencakup AC, TV, charger, dan snack.

  1. Pembayaran

Kemudahan dan keterpercayaan metode pembayaran yang dapat dilakukan harus menjadi poin pertimbangan dalam menyewa bus pariwisata. Setelah menyesuaikan pemesanan dengan lama penggunaan bus dan lain-lain, pastikan metode pembayaran telah dipahami sepenuhnya dan akan diselesaikan secepat mungkin. Di sisi lain, untuk mengamankan pesanan, pembayaran uang muka atau Down Payment (DP) dapat diberikan terlebih dahulu sebelum pelunasan.

  1. Waktu pemesanan

Tips yang tidak kalah penting adalah menentukan waktu pemesanan. Menjelang libur nasional atau libur panjang, biasanya pemesanan kendaraan akan ramai, begitu pula kondisi lalu lintas dan tempat-tempat wisata. Jika memungkinkan, pilih tanggal yang strategis sejak memiliki rencana perjalanan itu sendiri. Pemesanan busnya sendiri bisa dilakukan minimal 1 bulan sebelum keberangkatan, atau menyesuaikan peraturan sewa Hiace Jakarta yang berlaku.