Cara Tepat Pemeliharaan Sistem Tata Udara

 

ini berfungsi untuk saling berhubungan, hal ini karena mereka akan menentukan suhu dan juga kelembapan udara di dalam sebuah bangunan. Dimana juga telah menyediakan sebuah kontrol asap, untuk dapat menjaga tekanannya antar ruang, dan juga dapat menyediakan udara yang segar bagi seseorang yang sedang menempatinya. Dalam sebuah rancangan gedung yang modern, sebuah rancangan, dan instalasi serta sistem kontrol dari sebuah fungsi ini dapat dijadikan menjadi sebuah sistem tunggal yaitu HVAC.

Terdapat sebuah sistem AC yaitu selain sistem AC yang konvensional split atau 1 indoor – 1 outdoor dimana yaitu sistem AC dengan teknologi yang terkini AC VRV / VRF dan merupakan sebuah pendingin udara menggunakan sistem Volume Refrigerant dimana telah ditemukan dari 50 tahun lalu. Dimana Ide dasar di pendingin ruangan tersebut yaitu unit outdoor besar yang menyajikan beberapa unit di dalam ruangan. Dimana dalam Setiap unit indoor ini menggunakan sebuah ekspansi cairan elektronik valve. Yang dapat mengontrol kapasitas refriferant maka cocok dengan permintaan dari kapasitas yang diinginkannya.

Sistem Kerja Ac Sentral Pada Ruangan

Pada sebuah unit pendingin ataupun Chiller dimana menganut system sebuah kompresi uap, yang mana komponennya terdiri dari sebuah kompresor, dan kondensor, serta alat ekspansi dan juga evaporator. Chiller ini biasanya merupakan tipe kondensornya yaitu water-cooled condenser. Dimana Air dapat mendinginkan kondensor yang dialirkan dengan melalui sebuah pipa yang outputnya dapat didinginkan kembali dengan evaporative cooling pada sebuah cooling tower.

Pada sebuah komponen evaporator ini, apabila dengan sistem indirect cooling, tentunya fluida yang sedang didinginkan maka tidak akan langsung udara akan tetapi air yang dialirkannya tersebut melalui sebuah system pemipaan. Dimana Air yang mengalami sebuah pendinginan tersebut pada sebuah evaporator dapat dialirkan menuju sebuah system untuk penanganan udara atau AHU dan menuju ke koil pendingin.

Cara Maintenance Ac Sentral Pada Ruangan

Berikut ini merupakan perawatan pada AC di ruangan sentral. Seperti berikut ini :

  1. Mempersiapkan Maintenance Mesin

Dalam semua proses untuk perawatan dan juga perbaikan dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan juga SOP yang sudah ditentukan. Lalu selalu bersifat koordinatif dimana pimpinan supaya dapat menghasilkan sebuah pekerjaan seefisien mungkin. Selain itu jadwal perawatan, dan jadwal peralatan serta pemeriksaan secara spesifikasi alat oleh Kontraktor HVAC ini dapat disiapkan supaya dapat efektif sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Kelengkapan dari bahan dasar yang akan digunakan tersebut seperti : lalu lap pembersih, bahan cairan pembersih, dan jika diperlukan dengan kompresor udara, kemudian diperiksa dan juga diurutkan sesuai dengan prosedur perawatan. Kemudian Perkakas bongkar pasang ini dan juga alat ukur yang diperlukannya dan diperiksa supaya dapat bekerja secara baik dan juga aman.

  1. Memperbaiki serta Merawat Mesin AC Sentral pada bagian luar

Perawatan sebuah mesin pendingin dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur SOP yang sudah ditentukan. Dengan cara menggambar denah mesin untuk dibaca dan juga didiagnosis secara baik dan harus teliti. Debu ataupun kotoran luar yang dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih ini tanpa merusak bahan dari  mesin.

  1. Deposit yang melekat dan juga sulit pada dinding yang berfungsi sebagai penukar panas dibersihkan melalui cara yang tepat, dengan cara fisis atau kimia, tentunya juga harus sesuai dengan tata cara serta prosedur yang telah ditentukan. Setelah itu kebocoran pipa harus diidentifikasi dan harus segera diperbaiki. Dimana Kesalahan kerja dari peralatan diidentifikasi lalu dicari sumber dari kesalahan kerja dari alat tersebut. Sedangkan alat ukur, lalu alat kontrol dan juga aksesori harus diperiksa dan harus dilakukan perawatan-perawatan yang pastinya diperlukan.
  2. Merawat dan Juga Memperbaiki Sesuai Ketentuan Mesin AC Sentral

Sebelum dilakukan sebuah pembongkar mesin maka terlebih dahulu dapat dilakukan dengan pengeluaran refrijeran. Dan Bagian dalam dari mesin dapat dibersihkan dengan sebuah metode vakum dari bagian dalam yang sesuai dengan prosedur yang sudah Ditentukan. Pipa kapiler ekspansi ini dapat dibersihkan dengan menggunakan kompresor udara. Selain itu Desican dapat dibersihkan, dan direkondisi serta dipasang kembali sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan.

Kontraktor HVAC atau AC dapat secara khusus di bidang untuk pembangunan tata udara. Selain itu menjadi AC specialist bisa dipercaya secara baik dari berbagai sisi secara berkualitas. Yang dapat membantu menjadi partner untuk  dapat diandalkan dalam menangani proyek tata udara.