Review Pengalaman Kuliah Ambil Jurusan Sastra

Setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda, salah satunya saat memilih jurusan untuk kuliah. Kuliah bisa jadi merupakan awal seseorang untuk menemukan siapa jati dirinya. Melalui berbagai program kegiatan yang ada seseorang akan terbentuk menjadi pribadi yang lebih siap. Kuliah sastra akan berkaitan erat dengan benda-benda seperti kbbi, syair, puisi dan karya sastra lainnya. Kuliah Sastra bisa menjadi pilihan untuk kamu yang emang tertarik dalam bidang apresiasi sastra.

Sepenggal Pengalaman Kuliah Jurusan Sastra

Artikel kali ini akan membahas bagaimana pengalaman kuliah di bidang sastra. Sastra disini tak hanya sastra Indonesia ya teman-teman, tetapi kuliah sastra untuk beberapa jurusan sastra secara umum. Jadi untuk kamu yang tertarik dalam bidang sastra, artikel ini sangat cocok untuk kamu baca.

  1. Hal yang Membuatmu Tertarik dalam Bidang Sastra

Beberapa hal yang akan membuatmu tertarik untuk kuliah sastra adalah karena kamu memang jatuh cinta pada suatu bahasa. Misalnya sastra inggris, kamu sudah benar-benar menyukai bahasa inggris sejak awal. Kemudian didukung lagi dengan nilai raportmu yang mendukung untuk masuk ke jurusan sastra tersebut. Selain itu, kuliah jurusan sastra juga bisa menjadi cara tersendiri untuk kamu yang tidak menyukai materi hitung-hitungan.

  1. Tak Ada Aturan Pakaian saat ke kampus

Kalau untuk jurusan lain seperti jurusan pendidikan akan ada banyak aturan tentang cara berpakaian. Hal ini berbeda dengan sastra inggris. Bahkan kamu pun boleh pakai sendal jepit ke kampus. Tapi walaupun demikian kamu juga tetap harus paham akan rambu-rambu cara berpakaian yang sopan. Walaupun semua aturan kesopanan tidak tertulis sebagaimana kbbi, tetapi kita juga harus memerhatikan etika.

  1. Tantangan Kuliah Sastra

Berbicara soal tantangan pastinya semua jurusan kuliah memiliki tantnagnnya sendiri-sendiri. Tantangan ini bisa berasal dari dalam diri sendiri seperti konflik internal antara hati dan pikiran, atau pun masalah keinginan dan kebutuhan. Permasalahan juga bisa berasal dari luar seperti mata kuliah yang bertambah tahun semakin sulit. Tapi segala tantangan pastilah memiliki solusi, jadi tetaplah optimis untuk menyelesaikan study.

  1. Senangnya Kuliah Sastra

Pastinya dibalik tantangan akan ada hal menarik yang selalu asyik untuk diceritakan dari kuliah jurusan sastra ini. Kamu akan merasakan betapa senang menguasai suatu bahasa hingga ke budaya asal bahasa tersebut. Misalnya kamu belajar sastra inggris maka kemampuan berbahasa inggrismu pun sudah pasti akan meningkat. Karena kamu tidak hanya belajar teori bahasa inggris tapi benar-benar belajar bahasa inggris sampai ke buda-budayanya.

Berbicara tentang kuliah sastra, pastinya kamu penasaran bukan apa sih tantangan yang sesungguhnya untuk kuliah sastra.

Inilah sederet Tantangan untuk Kamu yang Kuliah Sastra

Hal-hal berikut menjadi tantangan dihadapi oleh pejuang ilmu sastra dari jurusan sastra yang ada.

  • Penilaian Orang Terhadapmu

Untuk kamu yang kuliah sastra pastinya kamu sering dimintai tolong menjadi penerjemah suatu bahasa. Orang akan menilai bahwa kamu adalah seorang ahli bahasa yang begitu canggih. Kamu seperti kbbi yang bisa menerjemahkan segala teks berbahasa asing sesuai jurusanmu.

  • Mata Kuliah yang Tak Terduga

Beberapa mata kuliah yang akan sulit dipahami pun akan muncul di kelas sastra ini. jadi jangan kaget ya.

  • Menghadapi Dosen

Dosen sastra ini pastinya berbeda dari dosen lainnya.

Jadi kuliah sastra itu juga akan mendukungmu menjadi penerjemah handal seperti kbbi yang ada.