Tips Desain Taman Rumah Agar Tampak Asri dan Indah

Keindahan sebuah rumah tak hanya dilihat dari bangunannya saja. Beberapa rumah yang memiliki lahan luas juga bisa dibuat taman di depan, belakang maupun di samping rumah. Dengan menggunakan paving block taman di rumah pun akan tertata rapi. Taman rumahan bisa Anda buat secara custom desain. Tinggal bagaimana Anda bis memilih pekerja taman yang bagus untuk membuat taman di rumah Anda menjadi lebih asri dan sangat nyaman.

Cara Menyulap Taman di Rumah Menjadi Taman yang Asri

Pastinya membuat sebuah taman yang asri di rumah bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar taman di rumah Anda menjadi semakin bagus dan sehat. Inilah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk Anda yang ingin membuat taman di rumah Anda nampak asri.

  • Komposisi Taman yang Pas

Komposisi taman disini berkaitan dengan bagaimana Anda bisa menata taman Anda. apalagi jika Anda memiliki lahan taman yang terbatas, maka penataan komposisi taman ini menjadi hal yang sangat penting. Tata letak tanaman yang akan Anda tanam ini akan sangat menentukan bagaimana keasrian taman Anda. taruhlah beberapa tanaman besar hanya pada sudut-sudut taman saja, kemudian pada bagian tengah dengan tanaman kecil. ini akan membuat taman and terlihat lebih luas.

  • Pemilihan Jenis Tanaman yang Tepat

Pemilihan jenis tanaman ini juga merupakan hal yang sangat peting. Keindahan taman Anda sangat ditentukan oleh jenis bunga maupun tanaman yang Anda pilih. Warna-warni yang terpancar dari tanaman ini akan membuat taman Anda nampak indah. Selain warna, Anda juga harus memilih bentuk tanaman yang memang sesuai dengan ukuran dan tata ruang taman rumah Anda. Dengan demikian taman akan terlihat tertata rapi. Terlebih lagi di tengah-tengah taman Anda bisa memasang paving block sebagai jalan setapak.

  • Taman Vertikal, No Way

Untuk Anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat taman, taman vertikal bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Taman vertikal bida memanfaatkan tembok belakang rumah atau tembok samping rumah. Disini kemampuan Anda dalam bercocok tanam menggunakan media pot atau botol-botol bekas sangat dibutuhkan. Membuat taman vertikal ini juga dinilai sangat efisien dari segi tempat dan pemanfaatan terhadap barang-barang bekas.

  • Kebutuhan Cahaya untuk Taman

Taman berisi banyak tanaman yang memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Jadi pastikan bahwa taman Anda mendapatkan cahaya yang sangat cukup agar tanaman bis tumbuh dengan baik. Karena tanaman yang tidak terkena matahari atau kekurangan sinar matahari akan membuat tanaman layu dan nampak tak segar. Jadi taman akan terlihat tidak asri.

Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Rumahan

Lahan yang kecil dan letaknya yang berada di sebelah rumah membuat taman rumahan membutuhkan paving block dan jenis tanaman pilihan yang cocok untuk ditanam agar asri. Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan taman rumahan.

  • Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat. Tanaman ini pun memiliki bentuk yang beraneka macam yang membuat banyak orang menggemarinya. Tanaman kaktus ini bisa ditanam di media pot kecil yang kemudian bisa diletakkan di berbagai sudut ruangan sekalipun.

  • Sirih Gading

Tanaman yang digunakan untuk membuat taman lebih asri adalah sirih gading. Tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya. Tanaman ini bisa menjadi tanaman gantung yang akan menghias taman di rumah Anda.

  • Lidah Mertua

Tanaman yang satu ini memang sudah sangat terkenal untuk menghias taman. Tanaman ini memiliki daun yang kaku dan jenjang. Tanaman ini sangat bagus dan dapat pula dimanfaatkan untuk membuat pagar taman sederhana.

  • Pakis Sarang Burung

Tanaman pakis juga akan menambah taman Anda terlihat lebih berisi. Tanaman pakis ini memiliki daun yang lebar. Tanaman ini juga dapat tumbuh menempel dengan tanaman lain. Sehingga, Anda tidak memerlukan media tanam yang besar.

Itulah berbagai cara untuk membuat taman asri dan rapi dengan paving block dan tanaman yang diperlukan.